Kajian

Mandi Yang Disunnahkan

Maksud mandi sunnah ini adalah mandi yang apabila orang melakukannya mendapat pahala dan apabila tidak dilakukan tidak mendapat siksa atau cela. Terdapat 6 mandi sunnah yang akan dijelaskan disini ;

Mandi adalah aktivitas membasahi seluruh tubuh dengan air. Di dalam islam, mandi adalah salah satu bagian dari syariat, berdasarkan firman Allah SWT.

Suatu hari ada seorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai. Ketika berjalan-jalan dia melihat seorang anak kecil sedang mengambil wudhu' sambil menangis. Melihat anak kecil tadi menangis, orang tua itu pun berkata,

Inilah sipat-sipat buruk manusia yang Allah terangkan dalam Al Qur’an Surat Al Ma’aarij serta bagaimana terhindar sipat-sipat buruk tersebut.

Pada saat kita butuh pertolongan Allah karena sakit, kekurangan harta benda, ketiadaaan anak/suami/istri, ketiadaan sumber nafkah, tekanan pekerjaan, ataupun ujian-ujian lainnya, apakah kita termasuk orang yang suka melenggang begitu saja setelah Allah mengabulkan doa kita ?

Berhati-hatilah jika kita memilih seseorang menjadi pemimpin termasuk juga berhati-hatilah dalam bersikap terhadap apa yang diputuskan atau diperintahkan oleh para pemimpin.

Apakah para pemimpin yang sesat bisa menolong pada saat dihisab ?

Surat Al-Fatihah merupakan surat yang turun di Mekkah. Oleh karenanya, surat ini masuk kategori surat Makiyyah. Surat yang terdiri dari 7 ayat ini disebut juga dengan nama Ummul Kitab.

Dalam keterangan lain; dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Alhamdu lillahi rabbil ‘alamina adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab, Sab’ul Masani dan Al-Qur’anul Azim,” (HR At-Tirmidzi)

Dari Abu Sa’id ibnul Ma’la, dia menceritakan, “Aku sedang shalat kemudian Rasulullah memanggilku, tetapi aku tidak menjawabnya hingga aku selesai dari shalatku. Aku menghampirinya dan dia bertanya, “Mengapa engkau tidak segera datang kepadaku?” Aku menjawab, “Wahai Rasulullah, aku sedang shalat.” Beliau bersabda, “Bukankah Allah swt telah berfirman, ‘Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu.’ (QS Al-Anfal (8):24).

Mengenai hukum membaca Surat Al Fatihah ini terdapat 3 pendapat ;

1. Imam, makmum dan orang yang shalat sendirian wajib membaca Al Fatihah berdasarkan hadist “Barang siapa yang melakukan suatu shalat tanpa membaca Ummul-Qur’an, maka shalatnya tidak sempurna.” Dan “Tidaklah berpahala shalat yang didalamnya tidak dibaca Ummul-Qur’an.” Pendapat ini dipegang oleh Imam Syafi’i r.a.