Cinta Yang Tak Rumit Dari Faiz

Apa yang menyebabkan kita menyapa atau tidak menyapa, saat bertemu seseorang? Kebanyakan kita menyapa karena kita mengenal atau minimal mengetahui seseorang itu. Bisa juga karena kita menyukai atau menghormati orang tersebut, karena memang kebiasaan, atau punya keperluan. Mungkin juga sekadar basa basi. Apa pun itu, saya belajar banyak soal ini dari seorang anak kecil yang berbeda umur 26 tahun dari saya.

Jangan Salah Menilai

Saya adalah seorang petugas kesehatan yang bertugas di sebuah desa terpencil di Tanjung Agung, Padang Ulak Tanding, kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Desa tersebut terletak sekitar 50 km dari ibukota kabupaten. Separuh jalannya adalah jalan aspal kasar yang jarang dilalui kendaraan bermotor.

Sebuah Nasehat

Hari per-1, tahajudku tertinggal…Dan aku begitu sibuk akan duniaku…Hingga Dzuhurku, kuselesaikan saat ashar mulai memanggil…Dan sorenya kulewati saja masjid yang mengumandangkan adzan magrib…Dengan niat kulakukan bersama Isya, itupun terlaksana setelah acara tv selesai.

Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW

Assalamu’alaikum
Segala puji bagi Allah, dzat yg Maha Agung, Maha Suci, yang menciptakan makhluk dengan sangat sempurna. Berikut ini ada sebuah cerita yg menarik yang semoga saja dapat kita gunakan sebagai salah satu jalan untuk lebih menanamkan cinta kita kepada Allah SWT.

Inikah Balasanmu Terhadap Ibu!

Beberapa hari selepas kami sampai di kota Mekah, saya mendengar cerita-cerita dari jemaah yang saya bawa tentang hubungan dingin antara seorang ibu dengan anak lelakinya dan menantunya. Si ibu berusia 60-an sementara anak dan menantunya berusia sekitar 30-an akhir. Mereka bertiga menjadi bagian diantara sekian ratus jemaah yang saya bawa untuk menunaikan ibadah haji beberapa tahun lalu.

Berniaga Dengan Allah

Sosok yang kuceritakan ini adalah guru kami, sahabat kami, dan anak-anakku memanggilnya Pakde Koko. Selalu ada cerita-cerita baru yang asik untuk didengarkan. Kadang ada tawa karena cerita jenakanya…tapi juga kadang kami terdiam lamaa…lidah serasa kelu untuk berkata-kata…Ada banyak hikmah dan cinta dari cerita-ceritanya…dan tentu nyentrik yang jadi trademark-nya.

Ibu, Ya Allah

“Nak, bangun udah adzan subuh. Sholat dulu, sarapanmu udah ibu siapin di meja”

Tradisi ini sudah berlangsung sejak kecil, sejak pertama kali aku bisa mengingat. menganjak umur 12 th sudah meninggalkanya.

Kini usiaku sudah kepala 20 dan aku jadi seorang karyawan disebuah perusahaan swasta., tapi kebiasaan Ibu tak pernah berubah.

Lega Bisa Menjadi Ibu Rumah Tangga

Sebelum married, memang aku inginnya bekerja. Kelihatannya keren saja pokoknya bisa mencari duit sendiri. Kebetulan diajak teman ngelamar di Karawaci, eh aku diterima tapi temenku justru tidak lolos. Waktu sudah married (Alhamdulillah suamiku, sudah punya pekerjaan mapan, rumah juga udah ada, Alhamdulillah banget deh pokoknya). Tapi tetap saja aku bilang sama suamiku kalau masih ingin bekerja. Memang sudah kita bahas kalau mencari nafkah itu kewajipan suami dst. Jadi alasan buat kerja di luar rumah memang kebanyakan buat pembenaran aja sih. Buat nambah income lah, biar nggak mubazir capek-capek kuliah, ingin berperan ganda, emansipasi, aktualiasasi diri bla bla bla.

Memetik Panen Dari Kesabaran

Ditengah gemuruhnya kota, ternyata Riyadh menyimpan banyak kisah. Kota ini menyimpan rahasia yang hanya diperdengarkan kepada telinga dan hati yang mendengar. Tentu saja, hidayah adalah kehendakNYA dan hidayah hanya akan diberikan kepada mereka yang mencarinya.

Kisah Korban Tsunami

Pada musim haji 2002 lalu aku pernah ditugasi untuk membantu menangani proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia di embarkasi Aceh. Waktu itu kondisi politik dan keamanan cukup menghangat, tetapi tugas itu dapat aku laksanakan dengan baik dan aku kembali ke Jakarta dengan selamat.